Pertemuan 3 _ Struktur Sistem file di Linux

I. Jawaban Laporan

- Gambarkan struktur sistem file di Linux (Centos) !


- Beri penjelasan & fungsi pada setiap bagian struktur file di linux tersebut !

/bin

Berisi binari (program) atau aplikasi yang lebih umum dan dapat digunakan oleh semua user.seperti perintah ps, ls, ping, grep, cp).


/sbin

Merupakan super binary’ (biner-binersistem yang penting), biasanya aplikasi-aplikasi bagi admin. umumnya dicadangkan untuk superuser, memuat perintah-perintah yang digunakan oleh super user seperti arp, halt, shutdown, route, swapon, iptables, reboot, fdisk, ifconfig


/home

Merupakan direktori home bagi masing-masing user. Pengguna biasa dapat menulis file hanya dalam direktori mereka (/home). Keterbatasan ini melindungi sistem dari bermasalah aktivitas pengguna.)Direktori /home merupakan direktori yang paling ‘dekat’ dengan user. Direktori /home ini bisa berisi dari dokumen-dokumen pekerjaan user hingga file-file hiburan


/usr

Merupakan direktori yang berisi aplikasi dan berkas yang tersedia untuk digunakan untuk pengguna (users)


/opt

Direktory tempat ter-install-nya aplikasi tambahan dan dapat di akses oleh semua user. Hal ini terutama digunakan untuk menyimpan produk perangkat lunak komersial yang dapat diinstal pada sistem Anda)


/ (root)

Merupakan root atau akar dari seluruh direktori global. Partisi dimana di letakkan / (root system) akan menjadi direktori sistem atau partisi pokok. Merupakan direktori home-nya superuser (root).


/tmp

Merupakan singkatan dari temporer adalah direktori yang disediakan ketika dibutuhkan ruang sementara dalam melakukan pekerjaan, beberapa konfigurasi menyebabkan direktori ini harus dikosongkan setiap kali sistem reboot). Direktori /tmp memiliki mode yang sangat terbuka sehingga mudah untuk ditulisi oleh siapa saja. Didalam /var/tmp juga digunakan sebagai penyimpanan file-file sementara, bedanya /var/tmp dengan /tmp yaitu /var/tmp tidak akan dibersihkan saat system reboot.


/etc

Direktori yang berisi semua seluruh sistem file konfigurasi. Segala sesuatu dalam direktori ini harus teks yang dapat dibaca. Contoh : /etc/resolv.conf, /etc/logrotate.conf)


/mnt

Direktori yang berisi informasi device yang terpasang (mount) di dalam komputer). Pada Linux yang masih umum menggunakan kernel 2.4.x. Untuk tempat mengumpulkan mount point berada di /mnt. Dikarenakan pada sistem berbasis kernel 2.6.x sudah menggunakan /media, maka /mnt ini umumnya kosong. /mnt bisa juga dijadikan mount point pada saat system rescue atau troubleshooting.


/var

Merupakan kependekan dari Variable Files. berisi berkas log dan database. berisikan file-file log sistem (/var/log), paket dan file database (/var/lib), email (/var /mail), print queues (/var/spool), lock files (/var/lock), temporary file yang dibutuhkan saat reboot (/var/tmp), dll). Sangat dianjurkan /var ini untuk diletakkan di partisi terpisah dikarenan direktori /var dapat membengkak dengan sangat cepat.


/boot

Direktori boot tesimpan file-file boot loader diantaranya grub atau lilo. Juga berisi kernel Linux, RAM disk image awal (untuk driver yang diperlukan pada saat boot), dan boot loader. 


II. Hasil Pretest

- Jelasan 10 perintah dasar yang ada pada Centos !

1. cd, digunakan untuk berpindah direktori

2. pwd, digunakan untuk memperlihatkan di direktori mana posisi kita berada sekarang.

3. ls, digunakan untuk melihat isi sebuah direktori.

4. cp, digunakan untuk melakukan copy file.

5. mv, digunakan untuk melakukan memindahkan, cut atau rename file.

6. mkdir, digunakan untuk membuat folder baru.

7. rmdir, digunakan untuk menghapus folder.

8. touch, digunakan untuk membuat file baru.

9. rm, digunakan untuk menghapus file.

10. more, digunakan untuk menampilkan isi sebuah file


-Jelaskan 4 fitur bash yang harus ketahui !

  • Alias
    Alias biasanya digunakan untuk menyingkat suatu perintah yang panjang.
    Sintaks : alias   nama_alias=perintah
  • History
    Digunakan untuk menampilkan kembali perintah – perintah yang sudah diketikkan dari prompt dengan cara menekan tombol panah atas atau tombol panah bawah.
  • Cammand line editing
    Berfungsi untuk mengedit perintah apabila anda salah mengetiikan suatu perintah, dengan cara menggunakan tombol panah kiri atau tombol panah kanan.
  • Command line completion
    Berfungsi untuk mempermudah dalam mengetikkan suatu perintah yang panjang, dengan cara menekan tombol [TAB] pada saat mengetikkan perintah
-Tuliskan langkah-langkah instalasi Centos !

-Kita masuk ke web centos, Older versions, Klik here ,Klik x64 ,Pilih instalasi DVD
/USB
-Instal root : hardware atau terserah kita 
-Instal baru / upgrade
-Instal sistem with basic video private 
-Discfound : media installer
-Pilihan bahasa : English 
-Storage : basic
-Exmanition 
-Setelah itu ada pilihan, kita memilih yang first instal
-Name your komputer : default 
-Time zone : Jakarta, pilih sesuai map
-Buat pasword root adminitrasion
-Partisi storage: use all space, lalu kita pilih creat custom layout, isi nama storagenya /(localdisk c) 40gb
-Masuk ke partisi swamp (ram) 2gb

III. Scan hasil pretest





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kalkulus - Limit Trigonometri

ALIN- METODE CROUT& DOOLITTLE

Kalkulus - Grafik Fungsi